Desa Tambong Gelar Semaan Al-quran atau MANTAB.

Grafikanews.com-Banyuwangi- Semaan alqu'an atau yang biasa di kenal MANTAB adalah tradisi membaca dan mendengarkan bacaan alquran yang di pandu oleh tahfidz-tahfidz al-quran di masjid. 

Jadi, acara tersebut di mulai setelah selesai sholat pagi sampai selesai, biasanya habis maghrib menjelang isyak sudah selesai, para tahfidz akan melantukan bacaan alqurannya.
Setelah tahfidz sebelumnya selesai membaca biasanya akan di lanjutkan oleh tahfidz  berikutnya untuk melanjutkan pembacaan tiap juz al quran.

Banyak warga dari desa lain yang datang kesana untuk mendengarkan dan meneliti bacaan alquran yang di bacakan oleh para tahfidz.

Pak ahmad dari desa macanputih mengatakan kepada grafikanews.co kegiatan ini merupakan  kegiatan bermanfaat yang sarat akan makna, karena selain dapat bertemu dengan jemaah lain dari dalam maupun luar desa ini, juga  dapat belajar cara membaca bacaan al-quran dengan baik dan benar.

"dengan mengikuti semaan ini, saya ingin menambah ilmu mengaji, dari panjang pendek juga penggunaan tajwid dalam membacakan ayat suci al-qur'an", Kata pak ahmad.

Sedangkan pak dukik dari desa dadapan mengatakan kepada grafikanews.co, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya, dapat menambah ilmu serta mampu melapangkan hati dan pikiran yang membuatnya jadi tenang.


"saya sudah sering mendatangi semaan atau mantab alquran ini, sebelum semaan ada disini ini juga saya sering datang". Ujar pak dukik.

Ia berharap dapat barokah dan syafaat dalam kegiatan ini, supaya dia dan keluarganya terjaga dan terlindungi dari segala bentuk kejahatan dan kemaksiatan.(PIK)