• Minggu, 07 Mei 2020

Desa Lelede Pertama Salurkan BLT Dikediri, Camat; Jangan Pakai Ke Mall

grafikanews.com

Penyaluran BLT di Desa Lelede

Grafika News – Lombok Barat – Pemerintah Desa Lelede Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat melaunching perdana penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) hari ini. (Senin, 18/05/2020)

Baca juga:

“jumlah anggaran DD Desa Lelede sebesar Rp 1,1 milliar lebih, dipakai 30 persen untuk penyaluran BLT kepada 184 KK. Sedangkan total keseluruhan APBDes sebanyak Rp 1,8 milliar lebih.” Jelas Kepala Desa Lelede, Zubaidi Jumadil di ruangannya.

Sementara Untuk bantuan yang lain, sebut Zubaidi, sudah diterima seperti bantuan JPS mantap Lombok Barat sebanyak 14 orang dan JPS Gemilang NTB 36 orang.

grafikanews.com

Kemudian terkait data penerima BLT, kata kades, merupakan hasil koordinasi dan verifikasi dengan BPD, Kadus, dan RT sehingga data di sepakati sebanyak 184 orang tersebut merupakan hasil musyawarah desa.

Sedangkan, Asisten I Setda Lombok Barat Agus Gunawan yang hadir saat acara meminta Bantuan Langsung Tunai di semua desa di Lombok Barat harus tersalurkan sampai tanggal 24 Mei stay sebelum lebaran.

"Mudah-mudahan BLT tahap ini bisa direalisasikan sebelum lebaran tiba sesuai surat dari kementrian, "katanya

Saat ini, deviants, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa sebagian dananya dialihkan untuk penanganan Covid 19. Untuk BLT yang bersumber dari 116 Desa di Lombok Barat angka kumulatif sebesar Rp 93 Milliar ditujukan untuk 29. 544 Kepala Keluarga (KK).

grafikanews.com

Untuk itu, Agus kembali mengajak masyarakat untuk bersabar bagi yang belum mendapatkan bantuan karena bantuan tidak hanya dari Desa melainkan dari banyak sumber sebut agus misalnya JPS Gemilang dari Provinsi, JPS Mantap Kabupaten, BLT Kementrian sosial PKH, BPNT dan BLT dari Dana Desa untuk itu bagi yang belum terdata untuk bersabar.

"Jangan khawatir bagi yang belum dapat laporkan ke desa untuk di berikan bantuan secara berjenjang. Penyaluran BLT di hari pertama ini harus tepat sasaran, transparan dan tidak ada masalah," pungkasnya.

Sementara, Camat Kediri Hermansyah memberikan apresiasinya kepada pemerintah desa Lelede yang menjadi dyan pertama di kecamatan Kediri untuk penyaluran BLT.

"Saya apresiasi Desa Lelede yang cepat tepat dalam pembagian BLT. Semoga ini menjadi semangat untuk desa-desa yang lain," ujar Hermansyah

Oleh Camat, warga Penerima BLT dihimbau untuk tidak menggunakan bantuan yang diberikan untuk ke Mall karena Covid-19 tidak ada yang tahu kapan berakhirnya. "Lebih baik pergunakan bantuan yang diberikan untuk membeli kebutuhan sehari-hari," sarannya.

Selanjutnya ia juga mengajak masyarakat Kediri khususnya Desa Lelede untuk membiasakan hidup bersih dan sehat, tetap di rumah, pakai masker dan jangan salaman dengan orang yang tidak dikenal untuk menghindari penularan Covid 19.

Pembagian BLT tersebut juga disaksikan oleh Kepala Dinas PMD Ir. Lalu Edy Sadikin, Pendamping Desa, Tenaga Ahli Kabupaten, Babinsa, Babinkamtibmas Desa Lelede dan para perangkat Desa Lelede. (Gus)


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook:

Tambahkan Komentar