Deddy Corbuzier Semprot Keras Ramalan Mbak You

Deddy Corbuzier. (Foto: dok. Pikiran Rakyat)

GrafikaNews.com - Semprotan keras Deddy Corbuzier untuk Mbak You yang meramalkan akan adanya kericuhan hingga penggulingan Presiden di tahun 2021.

Deddy Corbuzier dalam Channel Youtubenya https://www.youtube.com/watch?v=ICUvpIYRzCE mengatakan ramalan seperti ini bahayanya apa? ada namanya nosebo.

Efek nosebo merupakan keadaan ketika substansi yang sebenarnya tak menyebabkan rasa sakit membuat seseorang mengalami rasa sakit akibat kepercayaan atau persepsi mengenai suatu hal.

"Ada ramalan anda yang mengatakan, ada videonya loh, 'tahun 2021 akan terjadi penjarahan, kerusuhan, keributan, pemerintah berantakan'," ucap Deddy seperti dikutip dari Grid.ID.

"Nah ini, walaupun ini ramalan, tapi impact-ya yang keluar ke masyarakat bisa menjadi sebuah nosebo," tandas Deddy.

"Nanti orang-orang yang punya pikiran negatif, 'wah iya, rusuh kita nih, udah diramalkan'."


"Itu very subconscious, pikirannya masuk ke hatinya lalu bekerja dengan sendirinya," terang Deddy.

"Lalu (Mbak You) mengatakan 'Presiden akan diganti, Presiden akan terguling nanti'. Anda mengatakan itu di satu video, mengatakan tahun 2021," ujar Deddy.

Herannya menurut Deddy, Mbak You tiba-tiba meralat ramalannya tersebut dengan mengatakan bahwa pergantian Presiden bukan di tahun 2021 melainkan 2024.

"Setelah saya ngomong di podcast saya, lalu diralat, 'nggak, maksud saya adalah pergantian presiden di tahun 2024'," lanjut Deddy.

Seolah tak habis pikir dengan ramalan yang diralat Mbak You, Deddy menegaskan bahwa di tahun 2024 Presiden sudah pasti bakal diganti mengingat adanya jadwal Pemilihan Umum (Pemilu).

"Eh, come on lah, mbak. Kalo anda mengatakan itu lalu anda ralat, 'Presidennya nanti maksud saya berubahnya tahun 2024', itu bukan ramalan, itu pemilu namanya," tandas Deddy. (*)

Tags: