Dandim 1620/Loteng Patroli Pantau Perayaan Bau Nyale

Dok. Dandim 1620/Loteng Patroli Pantau Perayaan Bau Nyale | Istimewa

GrafikaNews.com - Untuk memastikan perayaan tradisi adat Bau Nyale di Kabupaten Lombok Tengah yang dilaksanakan mulai tadi malam hingga hari ini oleh masyarakat Lombok Tengah berjalan aman dan kondusif serta sesuai prokes. 

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan turun langsung memantau di lokasi perayaan dengan patroli di seluruh titik lokasi. 

"Kita patroli di beberapa lokasi perayaan Bau Nyale di pantai selatan Lombok Tengah. Tujuannya agar memastikan semuanya dalam keadaan aman dan kondusif," ujar Dandim, Kamis 4 Pebruari 2021

Saat berada di beberapa lokasi perayaan Bau Nyale, Dandim juga berkomunikasi dengan warga yang hadir kemudian mengimbau kepada warga agar menjaga keamanan diri dan selalu mematuhi protokol kesehatan. 

"Tidak dipungkiri masih banyak ditemukan warga yang belum mematuhi prokes dengan tidak menggunakan masker. Dan itu kami ingatkan terus agar terhindar dari Covid-19," terangnya. 

Lanjutnya, terkait sistem pengamanan seperti apa yang dilakukan TNI, kata Dandim, untuk tahun ini Kodim 1620/Loteng menyerahkan sepenuhnya kepada Koramil yang mempunyai wilayah pesisir pantai. Seperti Koramil 04/Praya Barat dan Koramil 02/Pujut. 

“Sesuai dengan pemetaan lokasi, anggota ditugaskan di 16 titik lokasi pengawasan dan pemantauan pelaksanaan Bau Nyale bersama-sama dengan Kepolisian dan Sat Pol PP Lombok Tengah. Yakni di kawasan Pantai Torok Aik Belek, Pantai Selong Belanak, Pantai Serangan, Pantai Lancing, Pantai Tampah, Pantai semeti, Pantai Sebuwuk, Pantai Tunak, Pantai Berinding, Pantai Mawun, Pantai Are Guling, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Pantai Meresek, Pantai Bebuak dan Pantai Kuta," imbuhnya. 

Dandim juga mengajak seluruh warga Lombok Tengah agar selalu menjaga situasi seperti sekarang ini yang aman, damai dan kondusif sebab hal ini merupakan kunci untuk kemajuan pariwisata adalah keamanan. 

"Terimakasih kepada seluruh warga Lombok Tengah yang sudah menjaga keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan Bau Nyale,” tutupnya. (Eff/*)

Tags:

Leave a Reply