Cegah Corana Diwilayah Binaan, Koramil 1620–01/Praya Lakukan Penyemprotan Disinfektan.

Dokumentasi Foto Koramil 1620–01/Praya Saat Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Fasilitas Umum.

Grafika News - Lombok Tengah - Guna mencegah penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), Koramil 1620–01/Praya melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah binaannya serta fasilitas sosial dan fasilitas umum. Senin, (30/03/2020).

Dalam kesempatan itu, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Czi Prastiwanto S.E.,M.I.Pol menyampaikan, pentingnya melakukan penyemprotan guna meminimalisir dan mencegah penyebaran Virus Corona.

"Meski wilayah Kabupaten Lombok Tengah belum ada warga yang positif terkena Virus Corona, penyemprotan tetap harus dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah penyebaran virus tersebut," ucap Dandim.

Dandim juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Lombok Tengah dimanapun berada agar belajar, bekerja, dan beribadah di rumah masing-masing. Masyarakat juga di himbau untuk tetap tenang, dan selalu waspada dalam menyikapi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

"Dihimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu panik, serta terus melakukan tindakan nyata untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus ini, salah satunya adalah dengan cara Bekerja, Belajar, dan Beribadah di rumah masing-masing" ungkap Dandim.

Sementara itu, Danramil 1620–01/Praya, Kapten Chb Heri Susanto yang memimpin langsung kegiatan tersebut menerangkan, penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19 ini, difokuskan di beberapa tempat.

"Beberapa titik sasaran penyemprotan hari ini adalah, kantor  Desa Pengadang, sekolah, masjid/musala dan beberapa rumah warga" terangnya.

Danramil juga menjelaskan, kegiatan penyemprotan yang dilaksanakan ini, sebelumnya telah berkoorsinasi dengan pihak Kecamatan dan kelurahan masing-masing, serta bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Pol PP dan Masyarakat setempat. 

"Sebelum melaksanakan kegiatan ini, kita sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan masing-masing kelurahan. Kami juga bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Pol PP serta Masyarakat setempat" jelasnya. 

Danramil berharap, kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh masyarakat. Terlebih, bahan disinfektan bisa dibuat sendiri, sehingga masyarakat pun secara pribadi bisa melakukan penyemprotan secara mandiri pada lingkungan tempat tinggalnya.

"Komposisi dan cara membuat desinfektan adalah sebagai berikut. Jika dengan ukuran 1 liter air, maka bacylin yang diperlukan 2 sendok, kemudian wipol 2 sendok, soklin pembersih lantai 4 sendok. Selanjutnya di aduk dan di masukkan ke tempat alat penyemprot desinfektan. Bisa di buat sendiri guna di remprotkan di lingkungan masing-masing" terangnya.

Danramil juga berpesan kepada masyarakat agar selalu menerapkan budaya hidup sehat, menjaga kebersihan, terutama diri sendiri dan keluarga. Dirinya mencontohkan, semua anggotanya yang baru selesai bertugas dari luar, saat sampai di markas koramil harus segera mencuci tangan dan membersihkan badan.

“Virus Corona sangat cepat penyebarannya, untuk itu semua anggota yang baru selesai bertugas dari luar, saat sampai di markas koramil harus segera mencuci tangan dan membersihkan badan. Untuk masyarakat, selalu budayakan pola hidup sehat, jaga kebersihan terutama diri sendiri dan keluarga" pesannya. (Eff)

Leave a Reply