Bupati Panen Raya Ikan di Bengkel Lombok Barat

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid menangkap ikan Saat Panen Raya di Desa Bengkel

Grafika News – Lombok Barat – ditengah hiruk pikuk mengurus penyebaran covid-19, Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid siang tadi menyempatkan diri untuk ikut melakukan panen raya dengan salah satu kelompok peternak ikan di desa Bengkel Kecamatan Labuapi. (Selasa, 21/04/2020)

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan rasa syukur karena para peternak ikan masih bisa produktif di tengah situasi sekarang ini.

"Alhamdulillah, di tengah kita semua sedang sibuk melakukan usaha pencegahan penyebaran Covid-19, kelompok peternak ikan kita bisa aktif dan melakukan panen raya seperti hari ini. Hasil panen hari ini saja bisa sampai puluhan ton dan itu sudah diorder," ucapnya bersyukur.

Ia berharap nantinya pemerintah desa bisa memfasilitasi masyarakat untuk membuat kolam ikan lainnya seperti ini, karena dikatakannya hasil dari ternak ikan itu bisa menjadi sangat menjanjikan.

"Bahkan dari sisi jumlah orderan itu sebenarnya pasarnya masih cukup terbuka, makanya kita tetap dorong pemdes di sini (Desa Bengkel, red) untuk tetap mendukung menfasilitasi masyarakat kita untuk membuat kolam ikan semacam ini lagi, karena hasilnya bisa berlipat-lipat daripada misalnya menanam padi atau lainnya," harapnya.

Sebagai dukungan dari pemerintah daerah (pemda) sendiri, bupati menyatakan siap membantu, selain berupa pakan atau benih ikan, di wilayah sekitar kolam kelompok ternak ikan Desa Bengkel ini terdapat tanah pemda seluas sekitar 56 are yang masih digunakan untuk pertanian, yang tentu juga bisa dimanfaatkan untuk hal semacam ini.


Mendukung statemen bupati, Kepala Dinas (kadis) Kelautan dan Perikanan Lalu Sukawadi yang ikut mendampingi bupati dalam acara panen raya memberikan semangat kepada para peternak-peternak ikan yang ada di Lombok Barat yang berjumlah sekitar 300 kelompok lebih.

"Dengan hal ini semoga masyarakat bisa terbantu dan tidak terpengaruh dalam situasi Corona ini, sektor lain boleh lesu, tapi perikanan ini harus tetap eksis," tuturnya.

Sedang, Jamil, salah satu anggota kelompok peternak ikan Ledung Jaya Desa Bengkel, juga menyampaikan rasa syukur atas panen hari ini, terlebih dengan kehadiran bupati langsung untuk ikut dalam kegiatan panen.

"Kami tentu senang ada pak bupati di sini ikut panen, semoga hasil hari ini bisa sampai 20-25 ton lah," ucap Jamil.

Ia juga menyampaikan jika panen yang dilakukan para peternak ikan di Desa Bengkel ini bisa dilakukan 3-4 kali panen dalam setahun.

"Kita bisa panen sekali dalam 3 atau 4 bulan sesuai ukuran benih, kebetulan hasil selama ini lebih banyak kami kirim ke Sumbawa, dan Alhamdulillah juga keuntungan bisa cukup lah dibagi rata untuk semua 15 anggota kelompok yang ada," tukasnya. (Gus)