Bupati Lombok Tengah: Kepala Desa Adalah Pelayan Masyarakat

Dok. Pelantikan 17 Kepala Desa Kabupaten Lombok Tengah | Humas Pemda

GrafikaNews.com - Pelantikan Kepala Desa yang baru di Kabupaten Lombok Tengah berlangsung lancar dan khidmat. Dilaksanakan di Bencingah Adiguna Praya, Kamis (21/01/2021) sebanyak 17 kepala Desa dilantik langsung oleh Bupati Kabupaten Lombok Tengah, H. Suhaili FT. 

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Suhaili FT menyampaikan ucapan selamat kepada 17 Kepala Desa Baru yang akan mengemban amah di desanya masing-masing. 

"Mulai hari ini saudara-saudara secara resmi telah diamanahkan sebagai khadam, sebagai pelayan masyarakat di desa masing-masing. Ini artinya bahwa kehidupan saudara-saudara sejak saat ini tidak hanya untuk diri sendiri dan keluarga saudara-saudara, akan tetapi kehidupan saudara saudara untuk orang banyak" ujarnya.

Suhaili juga menyampaikan bahwa kepala desa tidak boleh pilih kasih dalam melayani masyarakat. Ia menyampaikan bahwa segenap tenaga dan pikiran harus dicurahkan untuk membangun desa secara adil. 

"Saudara-saudara harus memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat tanpa kecuali tanpa pandang bulu, tanpa pilih kasih, tanpa kecuali. Kalau desa ingin maju, maka rangkullah semua pihak...ajak mereka bersama-sama membangun desa" ini harapan saya terangnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Kabupaten Lombok Tengah dua periode ini menyinggung adanya penomena Kepala Desa yang menggap diri raja-raja kecil dan tidak melaksanakan amanah sebagaimana mestinya. 

"Ada penomena,.. ada kepala desa yang sudah tidak menganggap ada pak Camat. Semua mau di lompat, bahkan kadang-kadang menabrak...Kalau masih ada yang terjadi, ayo kita buang." ini mohon maaf singgungnya.

Selain itu, ia juga menegaskan kembali, tanpa koordinasi, tanpa komunikasi, tanpa koordinasi yang baik, sinergi dan komunikasi dengan unsur pimpinan yang ada. Bapak Camat, BPD maupun di internal desa dan seterusnya, kepal desa tidak akan pernah becus dan mampu mewujudkan cita-cita masyarakat. 

"Dalam kesempatan yang baik ini saya mengingatkan: kita semua sama-sama menjadi pelayan masyarakat" ujarnya. 

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa, para kepala desa harus memiliki kepekaan lingkungan yang tinggi. Ia harus bisa membaca segenap potensi desa, harus bisa memahami secara detail sumber daya manusia du desa yang dipimpinnya, dengan begitu kepala desa dapat melakukan pemetaan kapada hal-hal yang menjadi skala prioritas untuk dikerjakan. 

Kepala desa harus selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga memiliki kemampuan yang tepat untuk digunakan dalam membangun dan mengembangkan semua potensi dan kegiatan usaha yang dilaksanakan dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat. 

"Jangan karena kita sudah dipercaya untuk duduk disebuah jabatan, lalu kita gengsi untuk menuntut ilmu dan meningkatkan kapasitas kita" ucapnya. (Eff)

Leave a Reply