BPS: Angka Kemiskinan Kabupaten Lombok Tengah Turun.

Syamsudin, Kepala BPS Kabupaten Lombok Tengah.

GrafikaNews.com - Lombok Tengah - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Tengah merilis data angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala BPS Kabupaten Lombok Tengah, Syamsudin saat ditemui grafikanews.com di kantornya menyampaikan, dimasa pandemi Covid-19 kita patut bersyukur bahwa kemiskinan di Kabupaten Lombok Tengah mengalami penurun meskipun sedikit.

“Tahun 2019 kemiskinan sekitar 13,63 persen (128,82 ribu jiwa). Sedangkan di tahun 2020 menjadi 13,44 persen (128,10 ribu jiwa), artinya turun tipis, ” ungkapnya.

Selain itu ia juga menerangkan, selain angka kemiskinan yang turun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lombok Tengah mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

"Saat ini, Kabupaten Lombok Tengah ada diposisi ke-7 di NTB. Pada tahun 2019 IPM kita tercatat 66,36 persen, kemudian di tahun 2020 naik menjadi 66,43 persen" pungkasnya.

Ia juga menjelaskan, sejauh ini Lombok Tengah tercatat sebagai kabupaten yang memiliki angka pertumbuhan IPM yang baik di NTB. Kabupaten Lombok Tengah memiliki potensi sebagai daerah dengan kategori IPM tinggi jika beberapa variabel seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi konsisten ditingkatkan. (Eff)

Leave a Reply