BMKG Akhiri Peringatan Dini Tsunami NTT, Warga Diperbolehkan Kembali ke Rumah

(Youtube: BMKG)

Jakarta, Grafikanews.com - BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami yang berlaku akibat gempa M 7.4 di NTT. BMKG mengatakan masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing.

"Peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir. Sehingga kami mohon tadi bapak Wakil Gubernur dan Bupati kami sempat berdiskusi dengan beliau kami mohon pemerintah daerah menyampaikan ke masyarakat telah berakhir artinya sudah bisa kembali ke tempat masing-masing," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang disiarkan melalui Youtube, Selasa (14/12/2021).

Dwikorita mengatakan tercatat 15 kali aktivitas gempa susulan. Namun kekuatan gempa disebut cenderung melemah.

"Gempa susulan terjadi hingga pukul 12.40 WIT tercatat kami monitor ada 15 aktivitas gempa susulan dengan. Kecenderungannya semakin melemah," tuturnya.

Dwikorita mengingatkan masyarakat untuk lebih dulu memeriksa rumah sebelum kembali masuk. Sebab dampak gempa bisa berpotensi merusak rumah warga.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Serta tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Perlu kami rekomendasikan kami imbau agar tetap tanang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa M 7,4 terjadi pada hari ini pukul 10.20 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,59 Lintang Selatan dan 122,26 Bujur Timur.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Pusat gempa berada di 112 km arah barat laut Larantuka, NTT, pada kedalaman 12 km. (Red)


(Sumber: detik.com)


Tags: