Bawaslu Harapkan Dukungan JMSI Untuk Pilkada Bermartabat

GrafikaNews.com - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan, SH., MH menerima kunjungan Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/07/2020).

Dalam kunjungannya, Ketum JMSI didampingi Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Jayanto Arus Adi dan Ketua Bidang Kesekretariatan, Pendataan Anggota, dan Verifikasi, Ari Rahman.

Dikatakan Ketua Bawaslu, Abhan, SH, MH., pemilihan umum termasuk Pilkada serentak yang akan digelar bulan Desember mendatang membutuhkan dukungan dan pengawasan publik, termasuk JMSI sebagai tempat berhimpun pengelola perusahaan media siber di Indonesia.

"Kualitas Pilkada, ikut ditentukan oleh kualitas pengawasan publik," katanya.

"Semakin banyak pihak kredibel yang terlibat dalam mengontrol jalannya pilkada, semakin bagus kualitas pilkada tersebut," tegas Ketua Bawaslu itu.

Abhan juga sepakat dan merasa perlu kerjasama kedua lembaga dikemas hingga ke daerah. Dengan demikian, media massa sebagai stake holder Pilkada, khususnya media siber, memahami bahwa mereka juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab mensukseskan penyelenggaraan Pilkada.


Lebih lanjut, Ketua Bawaslu dalam waktu dekat ini akan menggelar pemaparan oleh Ketua Bawaslu secara virtual dihadapan pengurus dan anggota JMSI di seluruh Indonesia. 

Terakhir, Ketua Bawaslu juga mengingatkan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan diumumkan pada 23 September. Kemudian tiga hari berselang tanggal 26 September, kampanye akan dimulai. 

"Ditengah situasi pandemi Covid-19 ini, kampanye melalui media siber kelihatannya menjadi satu instrumen yang dipandang efektif," ujarnya. 

"Demikian, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih," tutup Ketua Bawaslu.

Sementara, menurut Ketum JMSI, Teguh Santosa dalam penyelenggaraan pemaparan secara virtual itu, ia berharap juga bisa diikuti oleh Bawaslu di setiap daerah-daerah.

Sementara itu, Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga JMSI Jayanto Arus Adi mengatakan dalam menyambut pelaksanaan Pilkada serentak selain dengan Bawaslu, JMSI juga akan menggelar diskusi dengan stake holder yang lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri, serta partai politik. 

Diskusi-diskusi terbatas itu akan dilanjutkan dengan FGD yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan Pilkada yang bermartabat, demokratis, damai. (*)