Aksi Peduli Dampak Covid-19, Perkim LOBAR Semprot Rumah Warga dan Bagi-bagi Sembako

Grafika News – Lombok Barat – Sebagai bentuk Kepedulian kepada masyarakat terdampak Covid-19, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten (PERKIM) Lombok Barat dengan merangkul Aplikator Rumah Kayu CLT dan didukung oleh Pramuka Kwarda NTB mengadakan bagi-bagi sembako sekaligus penyemprotan desinfektan kepada warga Masyarakat Desa Kekait Kecamatan Gunungsari.

“Tujuannya untuk memberikan rasa aman pada warga yang terdampak gempa di Desa kekait khususnya rumah CLT yang telah tuntas dibangun sebelum ditempati. Tindakan sterilisasi dengan bahan disinfektan dengan sasaran rumah warga sasaran di Desa yang terkena gempa 2018 lalu dimaksudkan agar terhindar dari virus Covid-19,” ungkap Kadis PERKIM Kabupaten Lombok Barat, H.L. Winengan di lokasi Penyemprotan Disinfektan (Senin, 13/04/2020)

Sementara untuk pembagian sembako, lanjut winengan, tujuannya hanya satu yakni meringankan beban sehari-hari. Maksud lain, agar warga tidak keluar ke pasar-pasar, sehingga sembako yang dibagikan bisa menjadi bekal di rumah.

“Hal ini kita lakukan juga untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Lombok Barat agar semua OPD bergerak berdasarkan tupoksi masing-masing untuk mengambil peran dalam pemutusan penularan Covid-19 ini,” ungkap Winengan yang didampingi Kabid Perumahan PERKIM, Lalu Ratnati, ST.

Melengkapi keterangan Kadis Perkim, Lalu Ratnati ST menambahkan secara teknis pembagian sembako dan penyemprotan ini menyasar 40 Kepala Keluarga dan Fasilitas Umum seperti Masjid dan Sekolah.

Sebagaimana diketahui, lanjut Ratnati, Desa Kekait merupakan kawasan permukiman yang sangat padat sehingga sangat rentan terjadi penularan sehingga sosialisasi Perilaku Hidup Bersih (PHBS) seperti sering-sering mencuci tangan pake sabun dengan air yg mengalir sangat penting untuk disampaikan.


“Ke depan diharapkan kegiatan ini bisa kita lakukan di tempat Lain dengan menggandeng stakeholder untuk berpartisipasi dalam pemutusan penyebaran virus ini. Kegiatan ini dilaksaakan door to door untuk menghindari kerumunan warga. Kegiatan ini juga sama-sama dilaksanakan dengan aparat Desa Kekait, Babinsa dan dari Kapolsek Gunungsari,” pungkas Ratnati. (Gus)