7 Kacang Tinggi Protein yang Bagus Dikonsumsi Bantu Diet Sehat-mu

Ilustrasi. (Doc: Merdeka.com)

GrafikaNews.com - Kacang merupakan camilan yang kaya akan protein. Makan kacang-kacangan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan untuk membangun tulang, otot, dan kulit. Protein juga meningkatkan perasaan kenyang, dan membantu tubuh untuk tetap berenergi.

Tak heran, banyak orang menambahkan kacang ke dalam menu diet sehari-hari mereka. Bahkan, ada salah satu metode diet terbaru yakni diet kacang-kacangan atau yang dikenal dengan sebutan beanatarian.

Ketika menjalankan diet ini, orang-orang hanya diizinkan untuk menyantap nasi dan kacang-kacangan. Selain bebas kolesterol dan bebas lemak, indeks glikemik yang rendah pada kacang juga membuat kita merasa lebih cepat kenyang.

Selain itu, kacang juga merupakan sumber protein nabati yang baik, terutama bagi mereka yang makan sedikit atau tanpa produk hewani. Berikut 7 jenis kacang-kacangan yang bagus dikonsumsi untuk diet, dilansir dari laman healthline:

Almond

ilustrasi susu dan almond

©Shutterstock


Kacang almond merupakan jenis kacang yang memag diyakini memiliki beragam nutrisi baik untuk tubuh. Selain tinggi protein, almond sarat dengan antioksidan. Senyawa tanaman ini melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Lapisan coklat kulit di sekitar almond mengandung konsentrasi antioksidan tertinggi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi almond dengan memakan kulitnya untuk mendapatkan manfaat paling banyak. Kombinasikan almond dengan buah-buahan untuk menambah rasa yang lezat. Untuk kandungan proteinnya, 7 gram per 1/4-cangkir (35 gram) porsi almond.

Kacang Kenari (Walnuts)

kenari

Shutterstock/gorkem demir

Kacang kenari merupakan camilan yang bagus untuk meningkatkan asupan protein. Kacang kenari juga merupakan sumber lemak yang menyehatkan jantung. Secara khusus, mereka mengandung lebih banyak asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alfa-linolenat (ALA), dibandingkan kacang lainnya.

Dengan tekstur berlemak dan rasa yang lezat, kenari merupakan tambahan yang baik untuk daging giling dan selanjutnya dapat meningkatkan kandungan protein pada hidangan berbahan dasar daging. Untuk kandungan proteinnya sebesar 4,5 gram per 1/4-cangkir (29 gram) porsi kenari cincang .

Kacang Pistasi (Pistachio)

ilustrasi kacang pistachio

Shutterstock/graletta

Satu porsi pistachio menyediakan protein sebanyak satu telur. kandungan proteinnya sebesar 6 gram per 1/4-cangkir (30 gram) porsi pistachio. Kacang-kacangan ini memiliki rasio asam amino esensial yang lebih tinggi relatif terhadap kandungan proteinnya, dibandingkan dengan kebanyakan kacang-kacangan lainnya.

Asam amino esensial adalah yang perlu diperoleh melalui makanan sehingga tubuh dapat menggunakannya untuk membangun protein yang diperlukan untuk fungsi-fungsi penting.

Kacang Mede

kacang mede

shutterstock



Kacang mede merupakan salah satu jenis kacang yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang gurih. Tidak hanya tinggi protein, tetapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

Penyajian 1/4 cangkir (32 gram) menyediakan sekitar 80% dari Nilai Harian (DV) untuk tembaga. Tembaga adalah mineral yang mendukung kekebalan dan membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan ikat.

 

Kacang Pinus

pinus

Shutterstock/enzo4

Kacang pinus merupakan biji dari pohon pinus yang dapat dimakan. Kacang jenis ini masuk ke dalam kategor kacang pohon secara kuliner namun tidak secara botani. Kacang pinus adalah benih varietas kerucut pinus tertentu. Mereka dihargai karena rasanya yang ringan, manis dan tekstur mentega, yang berasal dari kandungan lemaknya yang tinggi. Selain menyediakan 4 gram protein, satu porsi kacang pinus 1/4 cangkir (34 gram) memiliki 23 gram lemak.

Lemak pada kacang pinus sebagian besar berasal dari lemak tak jenuh, yang dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Salah satu asam lemak dalam kacang pinus juga dapat menunjukkan efek anti-inflamasi dan membantu mencegah penyebaran kanker. Anda bisa menikmati kacang pinus dengan cara dipanggang dan ditambahkan ke mangkuk salad Anda.

 

Kacang Tanah

Kacang tanah adalah sejenis kacang-kacangan tetapi dianggap sebagai kacang dari sudut pandang nutrisi dan kuliner. Faktanya, kacang tanah memiliki kandungan protein tertinggi dari semua kacang yang biasa dikonsumsi.

kacang tanah

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Kacang juga merupakan salah satu sumber makanan terbaik biotin, vitamin yang membantu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan dalam tubuh.

Hazelnuts

ilustrasi hazelnut

©Shutterstock.com/Elena Elisseeva

Jumlah protein dalam hazelnuts sebanyak 5 gram per porsi 1/4-cangkir (34 gram). Hazelnut memiliki rasa yang sedikit manis, bermentega, dan jika dipanggang, menjadikannya sumber protein yang sangat lezat. Studi juga menemukan bahwa menambahkan hazelnut ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. (*)

 

(Sumber : Merdeka.com)

Tags: