5 Kegiatan Seru saat Libur Panjang Dirumah

Ilustrasi. (Sumber : CNNIndonesia.com)

GrafikaNews.com - Libur panjang atau long weekend atau kerap dimanfaatkan untuk berlibur ke suatu tempat. Namun, di masa pandemi ini pemerintah menganjurkan untuk menghabiskan waktu libur di rumah.

"Jadi libur panjang ini aktivitas paling aman adalah di rumah. Karena di lingkungan ini kita sudah terbiasa dan hafal kondisinya," ujar Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Selasa (27/10).

Sejumlah kegiatan bisa dilakukan saat Anda menghabiskan libur panjang di rumah, dari nonton, bermain, hingga berbincang dengan keluarga. Berikut sejumlah rekomendasi kegiatan saat long weekend di rumah:

1. Menata ulang rumah

Dekorasi rumah bisa amat berpengaruh kepada suasana hati seseorang, terutama saat pandemi Covid-19 membiasakan Anda berkegiatan di rumah. Untuk itu, libur panjang seperti long weekend bisa Anda manfaatkan untuk menata ulang rumah atau kamar.

Dilansir dari My Story, tampilan rumah mempengaruhi suasana hati atau mood penghuninya. Tata letak baru pada rumah atau kamar dapat memicu kebaruan suasana hati. Hal tersebut bermanfaat untuk memperbaiki suasana work from home Anda ketika libur panjang berakhir.


2. Mencari hobi baru

Waktu yang panjang di rumah juga bisa dimanfaatkan dengan mencari hobi baru. Sibuk bekerja terkadang membuat seseorang luput dengan hobi atau kegemaran dirinya.

Seorang filantropis abad 19 Robert Owen pernah menulis sebuah konsep hidup seimbang, yaitu 8 jam bekerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam rekreasi atau melakukan yang ingin Anda lakukan.

Padatnya jam kerja membuat seseorang kadang luput dengan jatah 8 jam melakukan apa yang ingin mereka lakukan, salah satunya hobi dan kegemaran. Momen libur panjang bisa jadi momen 'balas dendam' atas prioritas diri dalam konsep hidup seimbang.

Ingat lagi apa hobi yang tertunda dalam hidup Anda setelah rutin bekerja. Di momen libur panjang di rumah, Anda bisa melanjutkan atau memulai hobi yang tertunda. Anda juga bisa mengikuti tren hobi yang sedang berkembang, seperti memelihara tanaman hias.

3. Menonton

Rekomendasi aktivitas seru saat libur panjang di rumah lainnya adalah menonton, baik itu film maupun serial. Kini, semakin banyak platform digital yang menyediakan layanan streaming film atau serial.

Dalam porsi tertentu, menonton film memiliki dampak baik bagi kesehatan jiwa seseorang. Seperti ditulis Psych Central, ahli psikologi Birgit Wolz menyatakan bahwa menonton film merupakan salah satu bentuk terapi untuk sejenak melarikan diri dari realitas.

Wolz menambahkan, film dapat mempengaruhi seseorang dalam beberapa hal seperti penambahan wawasan, pelepasan emosi, dan perubahan suasana hati secara alami.

Momen libur panjang juga bisa Anda manfaatkan untuk serial-serial yang tertunda untuk ditonton karena Anda kehabisan waktu di hari kerja.

4. Membaca buku

Era digital mungkin saja menjauhkan Anda dari kebiasaan membaca buku. Momen libur panjang bisa Anda manfaatkan untuk kembali membaca buku.

Healthline mencatat beberapa manfaat membaca buku, salah satunya memperbaiki kemampuan kerja otak. Hal ini baik dilakukan untuk menyegarkan otak Anda saat kembali ke hari kerja.

Selain itu, manfaat lainnya membaca buku adalah mengasah simpati. Baik fiksi maupun non-fiksi, dengan membaca buku seseorang memahami banyak cara pikir dan perasaan orang lain. Hal tersebut secara tidak sadar akan membuat diri Anda lebih bisa bersimpati dan berempati terhadap orang lain.

Manfaat lain dari membaca buku adalah menghindarkan diri seseorang dari depresi. Buku akan mengantar Anda masuk ke dunia lain, baik ke lautan wawasan, atau tenggelam dalam fantasi. Hal tersebut mampu melepaskan seseorang dari belenggu pikiran yang memicu depresi datang.

5. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu hal penting yang kerap diabaikan di tengah rutinitas bekerja. Padahal, olahraga memiliki sejumlah manfaat, yang paling utama adalah menjaga kebugaran dan imunitas tubuh.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat bagi situasi kejiwaan seseorang. Seperti diberitakan WebMD, olahraga memiliki sejumlah dampak positif bagi jiwa, di antaranya mengurangi stres, terhindar dari cemas, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Maka dari itu, waktu luang saat long weekend di rumah bisa digunakan untuk berolahraga. Ada baiknya, momen tersebut dimanfaatkan untuk mulai rutin berolahraga, meski waktu liburan telah usai. (*)

 

(Sumber : CNNIndonesia.com)

Tags: