Wedang Ronde Minuman Tradisional yang Nyaris Terlupakan

Warung Wedang Ronde Andi di Jl. Sriwijaya

Grafikanews – Mataram – Wedang Ronde merupakan minuman tradisonal yang nyaris di lupakan kebanyakan orang. Bahkan kaum milenial pun hampir tak mengenalinya. Munculnya banyak minuman kemasan modern dengan berbagai macam propaganda iklan promosinya, makin memperpuruk eksistensi minuman tradisional jawa itu.

Wedang ronde adalah minuman yang mengkolaborasikan berbagai macam rempah dengan ciri khasnya jahe dan sereh. Meski terlihat sederhana, namun wedang ronde diyakini memiliki banyak khasiat. Di antaranya, menghilangkan mabuk, mengatasi perut kembung, menurunkan kolestrol, mencegah risiko serangan jantung, mengobati penyakit diabetes, menyembuhkan sakit tenggorokan serta meredakan sakit kepala.

Adalah Andi, pria asal kota Solo Jawa Tengah yang memulai usaha wedang ronde di mataram sejak 2013. Awal berjualan wedang ronde, andi mangkal di depan kantor bupati lama yang sekarang mejadi Epicentrum mall.

“ dulu pertama tempat saya jualan di epicentrum tapi tahun 2013 masih belum menjadi epicentrum, berdirinya epicentrum membuat saya harus mencari tempat lain untuk berjualan, dan akhirnya disinilah saya berjualan sampai sekarang,” ungkap Andi.

Pelanggan wedang ronde andi, masih didominasi kaum tua meski ada juga kaum milenial yang suka. Padahal menurut andi, selain hangat dan nikmat wedang ronde memiliki berbagai macam khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.

" bahkan bagi kami umat islam mengimani firman Allah dalam Alqur'an surat al insan ( 76) : 17, yang menjelaskan bahwa Didalam surga itu mereka diberi minum segelas ( minuman ) yang campurannya adalah jahe,dan Rasulullah malahan menganjurkan meminum jahe untuk menjaga kesehatan dan menangkal virus," tutur Andi.


Seiring merebaknya isu virus Corona, omset wedang ronde meningkat sampai 40 persen.

" Masyarakat banyak mengetahui manfaat dan khasiat dari jahe, karna akhir akhir ini banyak yang membeli wedang ronde untuk menjaga kesehatan," terang andi.

Senada dengan Andi, Emi salah seorang pembeli mengakui kalau wedang ronde bisa menghangatkan tubuh dan membawa kesegaran tersendiri. Emi tidak menampik manfaat jahe yang luar biasa.

" di badan hangat, terus rasanya gak terlalu pedas," kata Emi.( Ads )

Tags: