Tanpa Sadar 6 Kebiasaan ini Picu Penyakit Ginjal

Ilustrasi. (Doc: CNNIndonesia.com)

GrafikaNews.com - Kebiasaan yang dilakukan setiap hari ternyata berpengaruh pada kesehatan. Bahkan ada kebiasaan yang memperburuk ginjal.

Sadarkah Anda kalau ginjal punya peran yang penting untuk tubuh?

Ginjal sehari-harinya bertugas untuk menyaring darah, membuang racun, mengendalikan keseimbangan air, mengatur tekanan darah, menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit, serta menghasilkan bentuk aktif vitamin D.

 

Berikut sejumlah kebiasaan memperburuk ginjal yang kerap dilakukan tanpa sadar.

1. Kurang minum

Kurang minum dapat menurunkan performa ginjal sekaligus mampu merusak organ. Kurang minum berisiko menimbulkan batu ginjal. Yang lebih serius ialah gagal ginjal. Sebaiknya konsumsi air mineral sekitar 1,5-2 liter per hari untuk menjaga kesehatan ginjal.


2. Menahan kencing

Jika Anda termasuk orang yang kerap menahan kencing karena alasan apapun, sebaiknya jangan lakukan lagi. Terdengar sepele, tapi kebiasaan ini nyatanya bakal memperburuk ginjal. Ini adalah kebiasaan yang memperburuk ginjal. 

Selain rasa sakit, menahan kencing bisa membawa dampak pada infeksi saluran kencing. Dalam beberapa kasus, menahan kencing memberikan kesempatan bakteri untuk berkembang biak. Lebih parah lagi, seseorang dapat mengalami batu ginjal jika terlalu sering menahan kencing. Kondisi ini bisa terjadi jika urine banyak mengandung mineral. 

 

3. Terlalu banyak duduk

Saat work from home, banyak orang akhirnya harus terpaku di kursinya sepanjang hari. Jika tidak diimbangi dengan bergerak atau berjalan, kebiasaan ini rupanya memberikan efek pada ginjal.

Aktivitas fisik berhubungan dengan peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa. Kedua hal ini merupakan faktor penting kesehatan ginjal.

4. Kurang tidur

Istirahat malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan ternyata, ginjal Anda. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam. Kebiasaan memperburuk ginjal ini kerap dilakukan banyak orang karena berbagai alasan. 

5. Terlalu banyak makan daging

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis - suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan semua bagian tubuh tetapi diet Anda harus diimbangi dengan buah dan sayuran.

6. Terlalu banyak garam dan gula

Makanan tinggi garam mengandung natrium tinggi, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan, pada gilirannya, membahayakan ginjal Anda.

Gula berkontribusi pada obesitas yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal. Selain makanan penutup, gula sering kali ditambahkan ke makanan dan minuman yang mungkin tidak Anda anggap "manis".

Dari semua kebiasaan memperburuk ginjal tersebut, mana yang paling sering Anda lakukan?  (*)

 

 

(Sumber : CNNIndonesia.com)

Tags: