Standar Teknis Posyandu Keluarga Menuju NTB Sehat dan Cerdas

Pertemuan Lintas Program dan Lintas Sektor Provinsi NTB untuk penyusunan Petunjuk Teknis Posyandu Keluarga. (Foto Doc : Diskominfotik NTB)

Grafika News – Mataram - Inovasi Pemerintah Provinsi NTB, Revitalisasi Posyandu menjadi Posyandu Keluarga, telah dirancang dan digodok petunjuk teknis dan regulasi yang baku. Penyusunan petunjuk teknis ini, dilakukan untuk menyamakan perbedaan dan persepsi tentang pelaksanaan Posyandu Keluarga.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB, melalui bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) melaksanakan Pertemuan Lintas Program dan Lintas Sektor Provinsi NTB untuk penyusunan Petunjuk Teknis Posyandu Keluarga, Sabtu (23/11) di Lombok Plaza Mataram.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, yang diwakili Kepala bidang (Kabid) Kesmas Dra. Panca Yuniati, A.Pt menjelaskan, sejak dicanangkan tahun 2017 yang lalu semua kabupaten/kota terus mengembangkan posyandu keluarga.

Sehingga lanjutnya, dalam pelaksanaannya masih terdapat perbedaan persepsi dan kendala yang terjadi. Menurut Panca penyebabnya karena belum adanya pedoman dan petunjuk teknis serta regulasi yang baku.

"Pertemuan bersama ini kita diskusikan tentang fungsi dan peran posyandu keluarga. Perbedaan posyandu dan posyandu keluarga seperti apa.Kita susun petunjuk teknisnya Posyandu Keluarga sebagai kompas dan pedoman dalam bekerja," jelas Kabid Promkes.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya petunjuk teknis, Posyandu dapat bekerja dengan jelas. Memiliki pedoman mulai dari teknis pelayanan, teknis konsultasi dan syarat kader di Posyandu juga di atur. Kader Posyandu harus memiliki sertifikat dan melalui pelatihan-pelatihan.


"Intinya Posyandu keluarga ini, bagaimana mengatasi kesehatan keluarga, karena posyandu merupakan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan selenggarakan dari dan oleh masyarakat sendiri," ungkapnya.

Berdasarkan data Dikes tahun 2019, jumlah Posyandu di NTB ada 7.287 posyandu. Sedangkan yang telah revitalisasi ke Posyandu Keluarga ada 904 posyandu. Ini pekerjaan rumah kita untuk terus mendorong revitalisasi ini, sesuai petunjuk pimpinan kami Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc dan Wakil Guberbur Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd disetiap arahannya.

Untuk itu, upaya terobosan dan inovasi Pemprov. NTB ini menjadi salah satu program unggulan dan prioritas dalam revitalisasi posyandu. Mengembangkan Posyandu konvensional Ibu dan Anak menjadi Posyandu Keluarga, Ibu dan anak, remaja dan Lansia. (Ige)

Tags: