Siapkan 7 Hal ini Sebelum Memelihara Kucing

Ilustrasi Kucing (Sumber : kompas.com)

GrafikaNews.com - Kucing menjadi satwa pilihan bagi sebagian orang untuk menjadi peliharaan. Bagi Anda yang akan pertama kali memelihara kucing mungkin akan muncul kebingungan. Sebab, Anda perlu mengetahui apa saja yang dibutuhkan kucing untuk hidup. Berikut ini tujuh hal yang perlu dipersiapkan sebelum memelihara kucing menurut kompas.com dilansir dalam laman The Spruce Pets, 25 Juni 2019:

1. Buat daftar belanja

Mulai memelihara kucing baru mirip seperti memiliki bayi manusia. Namun dalam kasus kucing, Anda akan berbelanja untuk kotak pasir kucing. Ada beberapa hal yang harus dikumpulkan atau dibeli, sehingga kucing Anda akan merasa seperti anggota keluarga.

Berbelanjalah beberapa hari sebelum kucing mulai tinggal di rumah. Ini dapat meminimalkan stres bagi Anda maupun kucing Anda. Beberapa yang perlu dipersiapkan antara lain makanan kucing, kotak atau bak tempat kucing buang air, makanan, mangkuk makanan dan air, mainan, alat perawatan, tas untuk membawa kucing saat bepergian, dan tempat tidur.

Selain makanan dan air, kotak pasir sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan kucing baru Anda. Dengan perawatan kotak kotoran kucing yang cermat, Anda tidak perlu khawatir tentang bau atau kucing yang buang kotoran di luar kotak.

Mengenai mangkuk makanannya, tidak disarankan menggunakan piring plastik untuk kucing, karena beberapa kucing mengalami ruam dagu akibat plastik atau goresan karena plastik. Ada sejumlah mangkuk baja tahan karat yang tersedia untuk hewan peliharaan. Jika Anda lebih suka piring keramik yang dihias, pastikan glasirnya bebas timah.


2. Siapkan ruangan yang aman

Sebuah ruang yang aman untuk kucing tidak perlu berupa ruang terpisah, tapi bisa jadi hanya lemari kosong, sudut kamar tidur Anda dengan layar pelindung, atau kamar mandi yang jarang digunakan. Hal terpenting adalah kucing baru Anda memiliki tempat yang disebut 'rumah', tempat ia dapat beristirahat.

Kucing bisa memilih untuk bersembunyi ataupun bergaul dengan pemilik rumah. Mungkin diperlukan beberapa hari atau bahkan beberapa minggu untuk beradaptasi. Pertimbangkan juga tentang kucing itu akan tidur di mana. Apakah bersama Anda? Apakah tidur sendiri di tempat tidur yang nyaman? Atau kombinasi keduanya?

Sebaiknya juga sediakan tempat khusus yang nyaman untuk tidur bagi kucing. Tempat tidurnya harus nyaman, mudah dicuci, dan cukup luas untuk kucing dewasa meringkuk dengan nyaman. Tetapi jangan terlalu luas sehingga dia akan merasa terbuka dan rentan.

3. Kunjungan ke dokter

Kunjungan dokter hewan juga menjadi salah satu bagian penting dari merawat kucing. Anda perlu mempertimbangkan untuk memberi kucing vaksin, seperti Feline Immunodeficiency Virus (FIV) dan Feline Leukemia Virus (FeLV) untuk kesehatannya. Anda juga bisa memilih untuk menghilangkan cakar kucing atau tidak. Selain itu, konsultasi dengan dokter hewan juga perlu untuk kelangsungan hidup kucing.

4. Makanan kucing

Makanan yang didapat kucing di awal kehidupan akan menentukan kesehatan dan kesejahteraan seumur hidupnya. Pengetahuan Anda tentang bahan makanan kucing akan membantu memastikan tidak hanya umur panjang, tetapi juga kualitas hidup yang Anda inginkan untuk 'anggota keluarga baru' Anda itu.

Pastikan Anda membaca label makanan kucing untuk mengetahui makanan yang diberikan kepada kucing. Anda harus meninjau selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan ke depan sampai Anda merasa aman dengan pengetahuan Anda.

Sumber air bersih dan segar juga penting untuk kesehatan kucing Anda. Meski kucing merupakan keturunan dari hewan gurun, mereka tetap harus terhidrasi dengan baik. Mengenai minuman, kucing menyukai rasa air mengalir yang murni dan segar. Dispenser air otomatis memastikan pasokan air bersih yang konstan.

Sedangkan soal makanan, anak kucing membutuhkan lebih banyak lemak dan protein daripada kucing dewasa. Jadi carilah makanan dengan label "Nutrisi Lengkap dan Seimbang" pada labelnya serta pernyataan telah teruji untuk pemberian makan hewan. Ada juga makanan yang diformulasikan khusus untuk anak kucing. Ini dapat diidentifikasi dengan kata-kata "sangat mudah dicerna, padat nutrisi dan dirancang secara unik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak kucing". Anak kucing dari usia delapan minggu ke atas bisa mengonsumsi makanan kering dengan cukup baik, tapi makanan kaleng lebih baik untuk mereka.

Lalu pada kucing dewasa, makanan kering lebih baik. Kucing dewasa akan menyukai makanan kering dan merek premium apa pun dapat diterima. Meski begitu kadang kucing dewasa juga bisa diberi makan dengan makanan kaleng.

5. Kebutuhan menggaruk kucing

Kucing memiliki kebiasaan menggaruk dengan cakarnya. Hal itu sama pentingnya dengan kebutuhan makan dan bernapas. Cakar kucing adalah alat yang paling penting karena berbagai alasan. Sehingga sebaiknya tidak dipotong habis.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memberi benda yang dapat digaruk tanpa harus mengorbankan perabot rumah tangga. Jika anggaran terbatas, Anda bisa memulainya dengan penggaruk dari karton. Anda juga bisa membeli tiang yang diberi aroma catnip jika memiliki dana cukup.

6. Alat perawatan kucing

Waktu perawatan adalah waktu yang tepat untuk menjalin ikatan dengan kucing atau anak kucing baru Anda. Cari sisir bergigi rapat dan sikat jepitan dengan sandaran karet untuk membersihkan badannya. Jika ada pemotong kuku yang dirancang untuk kucing akan lebih baik. Kemudian, jika Anda mulai memotong kuku anak kucing lebih awal, itu akan mempermudah tugas saat ia dewasa.

7. Bermain dengan kucing

Bermain dengan kucing Anda adalah pengalaman ikatan batin yang luar biasa. Kucing suka bermain dan ahli dalam menciptakan permainan mereka sendiri. Sebelum Anda membeli mainan kucing, bereksperimenlah dengan benda-benda yang ada di sekitar rumah, misal paper bag atau karton. Jika ingin mencoba mainan kucing, Anda bisa mulai dengan tongkat pancing dengan tali yang menjuntai. Itu adalah favorit kucing untuk permainan interaktif. Pastikan talinya cukup kuat sehingga anak kucing kecil tidak akan merobek tali atau bulunya. Selain itu tikus catnip adalah mainan favorit kucing juga.

Perlu Anda pikirkan apakah kucing Anda boleh main di luar atau hanya di dalam rumah. Jika Anda merasa kucing sangat membutuhkan udara segar dan sinar matahari, maka buat dia aman untuk pengalaman luar ruangan. Jika Anda memiliki dek tertutup, itu adalah pilihan yang baik. Anda juga dapat mencoba melatih kucing dengan tali sehingga Anda tidak perlu khawatir kucing akan bertemu dengan hewan lain di luar. (*)