"SEMETON EXPRESS" Memudahkan Mengorder Makanan dan Pengiriman Barang Se-Pulau Lombok

Founder Semeton Express, Ulul Azmi (Kiri)

GrafikaNews.com – Kondisi pandemi Covid-19 memunculkan beragam ide dan kreatifitas masyarakat demi tetap mencukupi penghidupan sehari-hari. Beragam perspektif negatif tentang Covid-19 yang dinilai banyak merugikan, ternyata tidak selalu buruk dimata para punggawa “SEMETON EXPRESS”.

Semeton Express, begitulah nama ini tercipta , salah satu jasa pelayanan yang bergerak di bidang pelayanan makanan, minuman dan pengiriman barang di wilayah Kecamatan Lombok Barat dan Kota Mataram. 

Terbentuk pertengahan bulan Juni tahun 2020. Sama seperti ojek, namun Semeton Express sendiri memiliki perbedaan dari ojek pada umumnya. 

“Ide awalnya muncul dan mengalir begitu saja, dengan memanfaatkan situasi di lapangan yang banyak sekali menjamur lapak-lapak usaha makanan dan minuman, khususnya di wilayah Gerung dan Mataram, serta ditambah lagi dengan pandemi Covid-19 dimana masyarakat lebih sering berada dirumah saja dan jarang bepergian,” kata Founder Semeton Express, Ulul Azmi kepada GrafikaNews.com, Selasa (01/09). 

Dikatakan Azmi, sapaan akrab Founder Semeton Express ini,
pertama kali didirikan Semeton Express hanya beranggotakan 4 orang. “Tetapi semakin banyaknya peminat dan orderan yang semakin banyak, allhamdulillah kita ada penambahan kurir jadi 8 orang,” tuturnya dengan penuh rasa syukur.

Soal perizinan, Semeton Express belum menggunakan itu, karena model usaha yang masih manual, hanya dengan memanfaatkan Sosmed (Sosial Media), melihat peluang bagus di era Industri 4.0, segala jenis transaksi bisa melalui sosmed. 


“Untuk meringankan penjual maupun pembeli, kita menawarkan jasa pengantaran yang sesuai dan berani bertanggung jawab atas kehilangan atau segala macamnya. kita menjamin keamanan dan kenyamanan semua pihak,” ujarnya.

“Intinya kita dari Semeton Express berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari CS (Costumer Service, red).
Dengan bekerja sesuai SOP, membangun usaha dengan pemikiran yang matang, memahami manajemen risiko dan tanggung jawabnya semua sudah kami pikirkan secara matang,” tegas Azmi. 

Lebih lanjut, Azmi mengatakan order pesanan yang diterima  masih berfokus di sekitar Lombok Barat dan Kota Mataram. 
“Tapi untuk pelayanan Se-pulau Lombok kita siap, selagi masih bisa menjangkau dan budjetnya sesuai. Bahkan kemarin pernah anter orderan sampai Loteng, Muat lemari,” katanya.

Karena masih bersistem manual, para anggota Semeton Express biasa menggunakan media sosial seperti Whatsapp, FB, dan Instagram untuk mencari customernya.

Slogan "Kualitas adalah Prioritas Kami" menjadi penyemangat para anggota Semeton Express dalam bertugas. “Semeton Express bekerja dengan sepenuh hati, apapun orderannya kita bisa semuanya,” ujar Azmi.

“Kami sediakan motor dan mobil untuk mengantar tamu, dan Pick Up untuk memuat barang,” jelasnya.

Azmi menargetkan kedepannya akan membuat aplikasi khusus untuk Semeton Express. “Insyaallah target memang kita mau buat aplikasi sendiri dan sekaligus buat baju dan jaket persatuan juga,” katanya.

Dari segi harganya, Azmi menerangkan Semeton Express berbeda dengan mitra yang lain. “Kalau di aplikasi Ojol (Ojek Online) CS nggak bisa negoisasi masalah ongkir, kalau kita bisa bernegoisasi dengan CS langsung, insyaallah terjangkau dan tidak mengecewakan,” paparnya.

Azmi berharap usaha ini bisa berkembang pesat, orderan semakin banyak, semakin dikenal dan terus eksis.

Berikut nama-nama anggota kepengurusan Semeton Express, diantaranya : Ade Ksatria Kinasih, Muh. Suparlan, Muh. Fanani, Argian 'Ashari, Ahmad Rifaldi, Mujiburrahman, Heri Hidayat dan Muhirman.

Informasi lebih lanjut, order dan pelayanan bisa menghubungi nomor HP : 0823-4079-5442 (Azmi) dan 0823-4072-7714 (Ade) (*)