Peristiwa Bersejarah 31 Oktober: Terbakarnya Ka'bah

Ilustrasi. (Doc. Okezone)

GrafikaNews.com - Peristiwa bersejarah terbakarnya Ka'bah tercatat berlangsung pada 31 Oktober 683. Bangunan yang menjadi kiblat umat Islam tersebut terbakar pada saat Dinasti Bani Umayyah yang dipimpin Yazid bin Muawiyah.

Terbakarnya Kakbah melalui perang saudara antarumat Islam yang menentang naiknya Khalifah Yazid. Saat itu, Abdullah bin Az-Zubair menguasai Mekkah sementara Yazid bermarkas di Syam.

Pasukan Yazid lalu ingin menaklukkan Makkah dan Madinah. Pada awalnya, pasukan Umayyah terlebih dahulu berhasil menaklukkan Madinah.

Sedangkan, Mekkah tak kunjung direbut selama sebulan. Dalam pengepungan itu peristiwa Kakbah sempat terbar.

Pasukan Bani Umayyah menghentikan serangan kota di Semenanjung Arabiah tersebut setelah mendengah Khalifah Yazid meninggal. Lalu, pasukan Umayyah kembali ke Syam untuk mengumpulkan kekuatan.

Perang saudara ini berakhir pada tahun 692 setelah Bani Umayyah berhasil merebut Mekkah yang saat itu telah dipimpin Ibnu az-Zubair.


Kakbah Sudah Lima Kali Alami Perombakan

Sejarah mencatat Kakbah telah lima kali perombakan setelah dibangun Nabi Ibrahim. Pertama, renovasi oleh suku Quraisy setelah sempat terbakar ulah seorang perempuan Quraisy yang membakar kemenyan.

Saat itu, bangunan Kakbah mengalami rapuh sehingga dirobohkan oleh suku Quraisy. Disebutkan bahwa arsitektur yang merenovasi Kakbah adalah Baqum yang berkebangsaan Romawi.

Kedua, renovasi oleh Abdullah bin Zubair setelah kerusakan berat akibat penyerangan oleh bala tentara Bani Umayyah. Kala itu, bangunan Kakbah ditinggikan dam menambahkan satu pintu di bangunan tersebut. (*)

 

(Sumber : Okezone)