Penerimaan Siswa Baru, SD Jemput Bola Ke TK

Kepala sekolah SDN 5 Banyumulek, Baiq Hidayati

GrafikaNews.com – Pandemi covid 19 berpengaruh kepada hampir semua aktivitas kehidupan semua kalangan, tak terkecuali proses penerimaan siswa baru. Penerimaan siswa tahun ajaran baru terlihat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Penerimaan siswa tahun ini, sekolah SD terlihat sepi. Jika tahun sebelumnya wali murid mengajak serta anaknya, namun tahun ini kebanyakan hanya orang tuanya saja yang datang ke sekolah. Bahkan beberapa sekolah dikoordinir oleh guru sekolah TK. Seperti yang terlihat di SDN 5 Banyumulek kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat.

Memasuki hari ke 4 pendaftaran siswa tahun ajaran baru, tercatat masih 25 anak yang terdaftar. Sebagian mendaftar secara kolektif melalui sekolah TK, sebagian lagi orang tuanya yang mendaftarkan tanpa mengajak serta anaknya.

Kepala sekolah SDN 5 Banyumulek, Baiq Kusumawati mengatakan pihak sekolah mengikuti protokoler kesehatan yang ditetapkan pemerintah dalam melaksanakan penerimaan siswa tahun ajaran baru. Bahkan untuk menghindari kontak langsung dan kerumunan banyak orang, pihaknya berkoordinasi dengan sekolah paud maupun TK terdekat untuk mengkoordinir pendaftaran siswa secara kolektif. Secara umum, SDN 5 Banyumulek membuka pendaftaran siswa baru mulai 15 hingga 19 Juni.

“ kita jalin kerjasama dengan TK dan Paud sekitar untuk mengkoordinir siswa yang ingin mendaftar ke sekolah kita,bahkan guru guru kita mendatangi langsung ke TK maupun Paud dan kita juga mewajibkan orang tua yang mendaftar agar menggunakan masker,” kata Kusumawati

Kusumawati berpesan agar orang tua datang sendiri ke sekolah tanpa mengajak serta anaknya.

“ Bagi orang tua yang belum memahami persyaratan pendaftaran,silahkan datang ke sekolah kami tanpa mengajak anaknya, dan menggunakan masker demi keselamatan kita semua,” kata Kusumawati. (Ros)