Nelayan Harap Bantuan Keramba HDPE

Ketua Koperasi Serba Usaha Masyarakat Tani Dan Nelayan “Sabuk Hijau” NTB, Amin Abullah

Grafikanews.com-Mataram- Ditetapkannya provinsi NTB sebagai salah satu daerah tangkap benih bening lobster, seharusnya juga di imbangi dengan pemenuhan sarana prasarana budidaya bagi nelayan. Sehingga upaya eksploitasi hasil laut guna kepentingan ekspor sejalan dengan upaya pelestarian melalui Budidaya hasil laut.


Ketua Koperasi Serba Usaha Masyarakat Tani Dan Nelayan “Sabuk Hijau” NTB, Amin Abullah saat dikonfirmasi grafikanews.com melalui saluran selulernya menegaskan, keputusan pemerintah memperbolehkan penangkapan benih bening lobster dirasa mampu meningkatkan perekonomian nelayan dalam jangka waktu singkat. Namun pemerintah juga perlu memperhatikan budidaya lobster guna kepentingan perekonomian jangka panjang. Menurut Amin, pemerintah seyogyanya mempersiapkan dulu nelayan pembudidaya lobster atau hasil laut lainnya sebelum mengekspolitasi hasil laut guna kepentingan ekspor.


“Akan lebih bijak jika pemerintah memperhatikan sarana prasarana tangkap maupun budidaya milik nelayan, seperti terfasilitasinya nelayan atau kelompok nelayan memiliki Keramba Jaring Apung (KJA) sebagai sarana budidaya ikan laut,”ujar Amin.



Sementara ini KJA yang dimiliki nelayan hasil swadaya sendiri, itupun hanya terbuat dari bamboo dan tidak semua nelayan memiliki. KJA yang terbuat dari bamboo kata Amin, hanya mampu bertahan maksimal 3 tahun.  


“Karnanya kami berharap pemerintah memberikan bantuan berupa KJA dari HDPE ataupun Fiber yang mampu bertahan 15 hingga 20 tahun dan biaya perawatannya murah, sehingga kedepannya nelayan diharapkan mampu mengembangkan KJA  sendiri baik dari bambu maupun dari bahan lainnya dari hasil bantuan pemerintah itu,”harap Amin.


Tak hanya itu, Amin juga berharap nelayan maupun kelompok nelayan bisa memanfaatkan bantuan pemerintah dengan sebaik baiknya sesuai dengan peruntukannya. Sehingga, dengan usaha yang berkelanjutan nelayan diharapkan bisa memperbaiki taraf hidupnya lebih baik.


“Sekali lagi kami berharap pemerintah memberikan bantuan KJA dari bahan HDPE agar bisa bertahan lama dan nelayan bisa secara istiqomah memanfaatkan bantuan tersebut,” harap Amin.


Senada dengan Amin, Wahyu salah seorang nelayan dari Jerowaru LombokTimur juga berharap agar pemerintah memeberikan bantuan KJA dari bahan HDPE kepada nelayan. Keberadaan KJA HDPE itu dinilai akan mampu meningkatkan perekonomian nelayan.


“kami sangat berharap bantuan KJA HDPE itu, karna selain menangkap ikan di tengah laut, budidaya ikan dengan KJA pada kondisi saat ini menjadi pilihan bagi nelayan guna mengais rejeki,”kata Wahyu.(RED)