Meningkatkan Rasa Kepedulian Terhadap Manajemen Waktu Pada Anak Melalui Metode Berlatih dan Belajar

Bogor, Grafikanews.com -- Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) adalah sebagai wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat khususnya kepada anak-anak TK ANTAM berupa ilmu yang dapat digunakan dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari. Tempat pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat dilakukan di TK ANTAM yang beralamat di Perumahan ANTAM jalan Bentonit No 1, Kecamatan Nanggung Bogor, Jawa Barat.

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada hari Selasa 12 Oktober 2021. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Berlatih dan Belajar bersama dengan anak anak TK ANTAM yaitu mengenalkan mereka mengenai manajemen waktu dengan tujuan agar mereka menerapkan di kehidupan sehari hari. Dengan meningkatkan rasa kepedulian manajemen waktu kita melakukan cara:

1. Kita menggunakan Objek Jam mainan yang dibagikan kepada anak anak, setelah itu kita mengedukasi tentang membaca jam, berapa jam dalam waktu sehari, dan apa yang harus dilakukan pada jam tersebut.

2. Setelah anak anak sudah bisa membaca jam, kita praktekan pada anak anak contoh pada pagi hari biasanya anak melakukan kegiatan makan, lalu kita mengekspresikan bersama sama gerakan makan seperti apa. Tujuannya agar anak-anak bukan saja mengingat tapi di praktekan.

3. Setelah kita belajar dan berlatih cara mengenal manajemen waktu, kita ada sesi tanya jawab bersama anak-anak dibarengi dengan bermain.

Terselenggaranya program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini sebagai upaya Meningkatakan Rasa Kepedulian Terhadap Manajemen Waktu Pada Anak Melalui Metode Berlatih dan Belajar dimana tujuan dari acara PKM ini adalah meningkatkan dan mengenalkan manajemen waktu terhadap anak di TK ANTAM. Kegiatan ini berlangsung di jam 07.30 – 10.30 WIB.

Selain itu, dengan metode berlatih dan belajar anak-anak bisa memahami dasar manajemen waktu setidaknya mereka memahami berapa jam dalam sehari, membaca arah jarum jam, dan apa yang harus dilakukan pada jam tertentu.

Kegiatan berjalan dengan baik. Mereka terlihat antusias dan senang saat belajar. Kami berharap anak anak bisa konsisten dengan manajemen waktunya, agar menjadi orang yang disiplin dan orang yang disiplin salah satu sifat syarat menjadi orang sukses. Kami juga beropini mengenalkan anak dalam manajemen waktu sangat penting di usia yang dini karena dapat membentuk kepribadian yang baik dan berguna untuk masa depan.

Tak lupa, ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah TK ANTAM , Ibu N Dede Warningsih, para guru lainnya dan Dosen Pembimbing kami Bapak Tomy Riyadi S.E.,M.Ak, serta semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelesaian Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

 

 

(Penulis: M. Rafli Ibrahim)


Tags: