Membangun Minat Belajar Matematika Pada Kalangan Anak-Anak

Foto: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Kelas Baca Anakku Sayang Cabang Ciputat

Grafikanews.com -- Metode mengajar matematika yang menarik sepertinya masih menjadi PR besar bagi para guru matematika. Dalam banyak survey tentang pelajaran yang tidak disukai, Matematika selalu masuk dalam peringkat 5 besar.

Mengingat banyak siswa yang tidak suka hitungan, tantangan besar menemukan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan harus menjadi prioritas untuk segera diselesaikan.

Hal inilah yang mendasari kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pamulang mengenai Membangun Minat Belajar Matematika Pada Kalangan Anak-Anak yang diikuti oleh beberapa anak dari Yayasan Kelas Baca Anakku Sayang Cabang Ciputat.

Kegiatan PMKM ini turut dihadiri Hafifatun, S. Sos.i selaku ketua Yayasan beserta 8 orang anak didiknya. Sedangkan dari mahasiswa Universitas Pamulang yang dibimbing oleh Bapak Eka Rima Prasetya, M.Pd terdiri dari 4 orang mahasiswa, diketuai oleh Bunga Aziza Saprila yang beranggotakan Alexanderrefflie Jordan J., Dhea Fitri Yani, dan Suci Kusrahmadaniati.

"Pada kegiatan PMKM ini kami para mahasiswa, memberikan pengalaman belajar matematika dengan media belajar yang menarik seperti Alat peraga buah-buahan dan uang mainan."

Bagi anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar akan mendapatkan reward berupa permen atau makanan ringan yang pastinya akan membuat mereka menjadi lebih semangat dalam kegiatan belajar-mengajar kali ini.


"Selain mengajarkan penjumlahan dan pengurangan lewat alat peraga yang ada, Kami juga mengadakan permainan sebagai selingan untuk menghindari rasa bosan yang tercipta akibat belajar yang terlalu lama."

Kedepannya, kami berharap kegiatan PMKM kali ini dapat merubah pandangan masyarakat khususnya anak-anak bahwa matematika bukanlah pelajaran yang sulit untuk dipelajari jika memang ada kemauan dalam diri sendiri."


Penulis:
Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi Program Studi S1 Akuntansi (Bunga Aziza Saprila, Alexanderrefflie Jordan J., Dhea Fitri Yani, dan Suci Kusrahmadaniati)

Tags: