Laskar Sasak Terus Bergerilya Melawan Covid 19, Menebar Asa Dari Desa ke Desa

Sekretaris Panitia Pendistribusian Disinfektan Laskar Sasak, Lalu Nizar memberikan disinfektan kepada pejabat Desa Bintang Rinjani.

GrafikaNews - Mataram - Kiprah Laskar Sasak, di masyarakat semakin dirasakan sentuhan dan keberadaannya, saat Covid 19 mulai merebak, Laskar Sasak tak tinggal diam. Ribuan masker dibagi-bagikan saat Car Free Day di Jalan Udayana Mataram yang memang tiap minggu selalu ramai dengan ribuan orang. Terkini, Laskar Sasak membagikan disinfektan di 80 desa se Pulau Lombok.

Kegiatan tersebut tentu membutuhkan, tenaga, waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga menimbulkan pertanyaan “kritis” di tengah masyarakat.

Ketua Laskar Sasak, Lalu Taharuddin didampingi Wakil Ketua Miq Kane mengatakan dalam memerangi covid 19 kegiatan Laskar Sasak banyak bertumpu pada swadaya. Dari anggota, oleh anggota dan untuk masyarakat. Kalau pun ada bantuan dari berbagai pihak termasuk dari Kabinda dan pihak yang simpati lainnya hanya sebagai stimulan.

Ke depan, Laskar Sasak juga akan bekerjasama dengan BUMdes dan pihak-pihak lain untuk menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Sehingga kas organisasi tidak mandek dan roda organisasi berjalan terus menuju pembaharuan, yakni masyarakat sejahtera dan makmur.

Hal yang sudah disiapkan oleh Laskar Sasak untuk penanganan Covid 19, Laskar Sasak akan menjual hand sanitizer yang ramah lingkungan dan murah serta sesuai standart WHO. Di samping itu juga akan menggerakkan ekonomi masyarakat desa agar semua bisa berdaya dan kuat.

‘’Baik itu Bumdes, koperasi, pembinaan UKM dan usaha yang prospektif lainnya,’’ ujar Miq Tahar.


Hari ini rencananya Laskar Sasak akan membagikan sembako kepada pemulung, tukang ojek.

''Ratusan sembako akan kita bagikan di sekitar Mataram, '' ujarnya.

Lalu Taharuddin menyatakan di kala masyarakat sedang dirundung Covid 19, mementingkan berbuat baik tanpa harus saling menyalahkan.

Beberapa kepala desa mengapresiasi gerakan positif dari lascar Sasak. Seperti yang disampaikan kades Janggawana kecamatan Janapria, Usman SIP. Dirinya mewakili pemdes dan masyarakat Janggawana  mengucapkan terima kasih karena bisa membagikan 1500 liter disinfektan kepada 1500 kepala keluarga yang ada di desanya.

‘’Terima kasih kami haturkan kepada bapak Pimpinan Daerah NTB, Kabinda, Kapolda dan Danrem 162 WB dan Laskar Sasak yang telah membagikan disinfektan kepada warga kami,’’ katanya.

Kepada para pemimpin daerah NTB yang punya motto NTB Gemilang, Usman juga berharap agar bisa membantu warganya dengan gemilang baik berupa masker maupun sembako murah. 

‘’Kami juga berharap agar Laskar Sasak terus ambil peran di tengah tengah masyarakat,’’ pintanya.

Senada dengan Usman, Kades Lenek Daya, Unasih juga menilai Laskar Sasak sudah mengambil peran strategis sebagai perekat sosial. Dengan adanya bantuan dari Laskar Sasak, Pemdes bisa menyemprot rumah warga dengan disinfektan. Sehingga mampu mengantisipasi bahaya Covid 19.

‘’Laskar Sasak dengan merangkul semua golongan maka kami bersatu untuk mencegah Covid 19,’’ tegasnya.

Kades Lenek menilai keberadaan Laskar Sasak dalam penanganan Covid 19 ini sangat tepat.

‘’Terima kasih banyak kami sampaikan kepada para pemimpin daerah NTB, Bapak Kapolda, Kabinda dan Danrem 162 WB, yang membantu Laskar Sasak dan kami,’’ ulasnya.

Unasih menilai Laskar Sasak berperan aktif dalam semua sektor mempercepat pembangunan desa terutama ekonomi. Apalagi seperti diketahui setelah merebak Covid, ekonomi masyarakat banyak yang tidak lancar.

Tak jauh berbeda, Kades Kabar Kecamatan Sakra, Marzwan S.Kom memberi acungan dua jempol atas kiprah Laskar Sasak.

‘’Disinfektan itu bisa disemprotkan hampir 5 kali selama 2 minggu di 7 ke kadusan,’’ paparnya senang.

Acungan jempol tersebut, kata Marzwan karena keikhlasan dari Laskar Sasak untuk membantu masyarakat desa.

‘’Namanya relawan tidak diupah, jadi kita support Laskar Sasak,’’ jelasnya.

Ke depan, diharapkan Laskar Sasak terus eksis dalam membangun masyarakat dalam segala bidang di NTB.

‘’Kita juga senang kalau bisa memberdayakan BUMDes dan UKM yang ada di desa,’’ terangnya.

Pjs Kades Jerowaru L Jufri Ihsan S. Sos juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan daerah NTB, Bapak Kapolda, Bapak Kabinda, Bapak Danrem 162 WB dan Laskar sasak yang telah berperan aktif dalam membantu penyaluran disinfektan ke warganya.

‘’Semoga bantuan disinfektan ini bermanfaat kepada semua warga,’’ tandasnya. ( AM )