Gubernur Ingin UMKM Terus Berinovasi di Masa Pandemi

Acara Halal Bihalal bersamaan dengan Pembinaan ASN di Kamtor UMKM NTB

GrafikaNews.com - Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah mendorong Dinas Koperasi dan UMKM terus berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Menurut Gubernur, virus corona tidak boleh menyurutkan semangat pelaku UMKM di NTB untuk terus berkembang. 

“Di tengah pandemi Covid-19 ini. 
UKM kita harus tetap semangat, tetap berinovasi. Kita yakin, setelah Covid-19 ini kita semua menjadi pemenang,” ungkap Gubernur NTB saat menghadiri acara Halalbihalal sekaligus pembinaan ASN bertempat di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB Senin, 15 Juni 2020. 

Gubernur dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Biro Organisasi dan Kasat Pol PP NTB. 

Gubernur mengatakan produk Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang banyak mengakomodir hasil produksi IKM/UMKM lokal di NTB. Hal ini akan menjadi pengungkit ekonomi di masa sulit.

“Kita tekankan, dalam program JPS Gemilang, semuanya harus produk lokal. Dengan begitu, membangkitan ekonomi NTB di tengah pendemi dapat lebih cepat,” Ujar Bang Zul.

Kadis Koperasi dan UKM Provinsi NTB H Wirajaya Kusuma mengatakan saat ini pihaknya sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM di daerah ini.


"Kami ucapkan terimaksih atas kehadiran Gubernur dalam rangka memberi kami semangat agar terus bekerja dengan baik," katanya.

Sementara itu Karo Organisasi Setda NTB H. Lalu Hamdi mengatakan kegiatan kunjungan kerja Gubernur ini juga dalam rangka pembinaan ASN, mendengar secara langsung aspirasi jajaran birokrasi dan memberikan arahan.

" Kita ingin membangun kebersamaan agar ASN tetap produktif dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pelayanan publik serta siap menyambut new normal, tetap produktif dan aman dari Covid-19" katanya.

Kegiatan Halalbihalal dan pembinaan ASN  ini akan berlangsung sampai tanggal 9 Juli 2020 meliputi 44  OPD.

Usai melaksanakan Halalbihalal di Dinas Koperasi UKM, Gubernur bersilaturahim ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB. Di sana ia meminta kepada seluruh pegawai ASN untuk mempertahankan sikap saling menghargai dan membangun persahabatan di antara pegawai. Menurut Gubenrur, pertemanan yang telah dibangun tidak boleh terputus oleh apapun. 

“Mari kita jaga persahabatan yang telah lama kita bangun. Dengan begitu, semua pekerjaan kantor bisa kita kerjakan dengan riang gembira,” ungkap Bang Zul. 

Momentum Halalbihalal ini, lanjutnya bukan hanya sekedar saling maaf memaafkan melainkan juga saling menyalurkan energi positi. Ia berharap dengan adanya penyaluran energi positif tersebut, ada sinergitas dan kekompakan yang terbangun dalam sebuah organisasi pemerintahan. 

“Mari kita jadikan momentum Halalbihalal ini sebagai salah satu cara mempererat tali silaturahim kita,” tutup Bang Zul. (*)