Bupati Fauzan Puas akan Hasil Kinerja TNI Pada Restorasi Sungai di Sekotong-Lembar

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid

GrafikaNews.com - Restorasi sungai semestinya akan menghabiskan anggaran Rp 5 Milliar dapat terselesaikan dengan anggaran Rp 800 juta. "Intinya ini sangat membanggakan mengefisiensikan anggaran daerah, anggaran negara, pada akhirnya kegiatan lain dan pembangunan lainnya dengan tujuan mensejahterakan masyarakat Lombok Barat dapat dilakukan".

Hal itu dikatakan Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid saat menjadi inspektur pada upacara penutupan kerja Bhakti TNI pada restorasi sungai di Kecamatan Sekotong bertempat di Halaman Kantor Camat Sekotong, Senin (14/9).

Bupati mengatakan puas dengan hasil kerja TNI yang dibantu oleh Polri dan pihak Badan Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I.

"Alhamdulillah proses restorasi tahun ini berjalan dengan sangat sukses di dua titik lokasi yakni di Kecamatan Lembar dan di Kecamatan Sekotong,"ujarnya.

Seandainya restorasi yang dilaksanakan dengan panjang 2,4 KM dengan  beberapa titik bangunan beronjong kemudian ditambah dengan 1,3 Km dengan lima titik pembangunan bronjong biayanya cukup besar hampir Rp 5 milliar. "Dengan kerjasama Pemda Lombok Barat dibantu oleh TNI Polri dan BWS dibutuhkan anggaran hanya Rp 800 juta," kata bupati senang. 

Untuk itu, suami Hj Khaeratun ini berharap agar kegiatan semacam ini kembali berlanjut dengan titik yang lebih banyak dan lebih panjang.


Dikatakan Fauzan, sungai yang direstorasi merupakan langganan banjir setiap tahun saat hujan dan daya rusaknya luar biasa. Terlebih banjir menyebabkan pruduktivitas masyarakat yang terdampak oleh banjir sangat berpengaruh.

"Mudah-mudahan dengan restorasi yang sudah dilakukan banjir tidak lagi terjadi,"harapnya.

Apa yang sudah dilakukan oleh TNI diminta dilanjutkan kembali oleh masyarakat dengan membentuk kelompok masyarakat peduli sungai atau yang di sebut KMPS terutama kepada Kepala Desa di dua titik lokasi yang sudah direstorasi sungainya yakni Sekotong dan Lembar.

"Termasuk melanjutkan penanaman pohon yang di sekitar lokasi restorasi sungai,"pungkas Fauzan.


Sementara itu, Dandim 1606/Lobar  Kolonel Arm Gunawan  menyampikan ucapan terimaksih Kepada  Pemerintah Lombok Barat khususnya Dinas PUTR yang telah mendukung terlaksananya restorasi sungai yang berjalan lancar dan aman sesuai dengan rencana. Termasuk ditambahnya sarana restorasi sepanjang 500 meter yang juga dapat terselesaikan dengan baik.

"Kami TNI sambut apa yang diharapkan Bupati Lombok Barat di mana tahun depan akan ada lagi pembanguan seperti ini. Tentu di lokasi yang berbeda dan kuantitas pekerjaannya lebih besar dan  panjang," katanya.

Selanjutnya, dandim menyebut restorasi Sungai Sekotong-Lembar melibatkan satu pleton pasukan untuk membantu restorasi. BWS membantu alat berat, operator termasuk bahan bakar. "Sedangkan anggaran dari Pemerintah Lombok Barat Sendiri,"Cetus Gunawan.

Hadir juga Wakil Bupati Hj Sumiatun, beberapa Forkopimda di antaranya ketua DPRD  Hj Nurhidayah, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, Wakapolres Lobar Kompol L. Salehudin, Asisten I Agus Gunawan, Kadis PUTR Lombok Barat I Made Arthadana, Kadis LH Budi Darma Jaya, Camat Sekotong L. Pandita Utama, Camat Lembar Hasanudin, dan sejumlah anggota TNI-POLRI. (*)