31 Wartawan Dinyatakan Lulus UKW, Ini Kata Ketua PWI NTB

Mataram, Grafikanews.com -- Dari 31 wartawan berkompeten se-NTB yang dinyatakan lulus uji kompetensi wartawan (UKW) dari total 32 wartawan yang ikut serta dari tingkat Muda, Madya dan Utama diharapkan dapat menjaga marwah profesi wartawan. Demikian ungkap Nasrudin Zein dalam sambutannya diacara penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Sinergi Dewan Pers bersama PWI NTB di Aston Inn, Selasa (14/12)

Sebanyak 6 orang tim penguji diturunkan oleh PWI Pusat dalam kegiatan uji kompetensi yang berlangsung di Hotel Aston INN, di Kota Mataram, kegiatan UKW ini digelar sejak Senin (13/12/2021) hingga Selasa (14/12/2021).

Ketua PWI NTB, Nasrudin Zein, dalam sambutannya mengajak kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk selalu menanyakan kepada wartawan yang akan mewawancarai apakah sudah pernah ikut uji kompetensi. Ini untuk menghindari adanya wartawan abal-abal yang melakukan pemerasan.

“Saya menghimbau kepada semua OPD silahkan tanya wartawan, sudah UKW nggak, kalau belum jangan diterima ,” kata Wartawan senior di RRI Mataram ini, Selasa (14/12/2021).

Nasrudin juga meminta agar wartawan yang lulus hari ini menjadi teladan wartawan yang belum mengikuti kompetensi.

“Jadilah teladan bagi wartawan yang belum mengikuti uji kompetensi,”kata Nasrudin.


Lebih jauh, wartawan senior di RRI itu mengungkapkan bahwa mendapat laporan dari wartawan dimataram ada oknum yang mengaku wartawan yang menjamin menaikkan berita disemua media melalui mereka.

“Nah ini harus jadi perhatian kita, jangan sampai hal ini terjadi,” tegasnya.

Nasrudin juga mengajak OPD di Nusa Tenggara Barat untuk bekerjasama dengan PWI dalam meningkatkan kapasitas maupun kompetensi Wartawan sebagai langkah bersama untuk proses kontrol Wartawan, kerja wartawan yang pada akhirnya mereka mampu menghasilkan karya jurnalistik yang bermanfaat dan memberdayakan.

“Pertanyaan seputar UKW sebagai kontrol awal agar wartawan kompeten punya ruang untuk mendapatkan informasi pertama dari narasumber,” pungkasnya. (Ias)

Tags: