10 Manfaat Daun Sirih Merah, Bisa Cegah Penuaan Dini

(Sumber Foto : Detik Health)

GrafikaNews.com - Tren - Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan mungkin selama ini jarang diketahui. Sebab, banyak orang yang hanya mengetahui manfaat dari daun sirih hijau.

Pada umumnya, daun sirih merupakan sebuah tanaman herbal yang memiliki banyak khasiatnya bagi kesehatan. Sejak zaman dulu, daun sirih di China telah digunakan sebagai bahan baku untuk mengobati berbagai penyakit yang diderita oleh keluarga kerajaan.

Tak jauh berbeda dengan si hijau, daun sirih merah ini pun juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Bahkan, daun sirih merah yang kini jarang ditemui tersebut diklaim cukup ampuh untuk meredakan berbagai penyakit ringan yang timbul pada wajah, kulit, hingga organ dalam.

Lantas, apa saja sebenarnya yang menjadi manfaat daun sirih untuk kecantikan dan kesehatan tersebut? Berikut penjelasannya seperti yang dirangkum dari Merdeka.com dan berbagai sumber.

Ampuh Atasi Jerawat

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan yang pertama adalah ampuh untuk mengusir jerawat dari wajah dan kulit tubuh. Jerawat merupakan proses inflamasi kulit sebagai akibat dari adanya penumpukan sel mati dan kotoran yang ada di pori-pori.

Pada umumnya, jerawat tersebut muncul pada remaja hingga orang dewasa yang sedang mengalami perubahan hormon ataupun lantaran radikal bebas. Cara menyembuhkan jerawat menggunakan daun sirih tersebut cukup mudah.


Rebus daun sirih merah dan usapkan air hangat bekas rendaman tersebut pada kulit yang terdapat jerawat dengan hati-hati. Biarkan hingga 10 menit dan keringkan dengan tisu atau handuk bersih. Lakukan dengan rutin maka jerawat akan segera menghilang.

Obat Sakit Mata

Manfaat daun sirih merah bagi kecantikan yang tidak banyak diketahui adalah sebagai obat sakit mata. Tentu saja saat pandangan mengalami gangguan, maka hal tersebut akan berdampak pada kinerja kita sehari-hari.

Selain mampu mengobati mata merah sebagai akibat dari iritasi, daun sirih merah juga dipercaya ampuh untuk membuat mata terlihat segar. Hal ini lantaran daun sirih merah memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Caranya cukup mudah, rebus 10 lembar daun sirih merah dan pergunakan air hangatnya untuk mencuci mata selama 5 menit. Lakukan secara rutin agar mendapatkan mata yang kembali segar.

Cegah Penuaan Dini

Banyaknya radikal bebas yang berasal dari polusi hingga sinar matahari membuat kulit wajah rentan terlihat kusam hingga dapat menyebabkan penuaan dini. Alhasil, sel yang berada di wajah meradang hingga rusak dan mengakibatkan kerutan seperti keriput dan bintik-bintik hitam.

Kandungan antioksidan pada daun sirih merah diklaim dapat melawan berbagai dampak dari radikal bebas, salah satunya yakni penuaan dini tersebut. Air rebusan daun sirih tersebut mampu meremajakan sel-sel pada kulit sehingga wajah akan terlihat lebih segar.

Menutrisi Rambut

Rambut merupakan mahkota yang perlu mendapatkan perawatan rutin. Tak jarang, berbagai masalah rambut pun kerap kali datang lantaran Indonesia merupakan daerah tropis yang selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.

Dari mulai ketombe hingga rambut rontok rasanya telah menjadi masalah umum bagi sebagian orang. Tak banyak orang tahu mengenai manfaat daun sirih merah bagi kecantikan yang satu ini.

Kandungan antioksidan pada daun sirih merah juga dinilai dapat melembutkan hingga mencegah rambut rontok. Caranya, giling daun sirih merah dengan minyak wijen kemudian oleskan pada kulit kepala. Tunggu beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.

Mengobati Payudara yang Membengkak

Biasanya, payudara pada wanita akan membengkak selama masa menyusui. Senyawa allyprokatecol dan carvacol pada daun sirih merah dipercaya dapat membantu meregangkan otot-otot payudara yang mengalami inflamasi.

Caranya, bakar daun sirih merah hingga sedikit layu. Setelah itu, kemudian tempelkan pada payudara yang membengkak selagi masih hangat.

Mengobati Inflamasi Prostat

Inflamasi prostat merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada alat genital pria. Gangguan ini menyebabkan sel-sel pada kelenjar prostat akan mudah rusak.

Dengan menggunakan manfaat daun sirih merah, maka proses inflamasi tersebut dapat dicegah. Sebab, kandungan tannin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel yang mengalami kerusakan di kelenjar prostat tersebut.

Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut merupakan masalah yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Hal ini cukup mudah diatasi dengan daun sirih merah.

Kandungan senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah yang satu ini. Caranya, kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur setiap hari.

Mengobati Gusi Berdarah

Kandungan saponin, tannin, kalsium, hingga mineral fosfor pada daun sirih merah dipercaya dapat meredakan inflamasi pada gusi. Proses inflamasi tersebut seringkali dikatakan dengan pendarahan pada gusi.

Caranya cukup mudah, persiapkan beberapa lembar daun sirih merah dan rebus selama 5 menit. Setelah itu, gunakan air rebusan daun sirih merah tersebut sebagai obat kumur setiap pagi dan malam hari.

Mengobati Luka Bakar Ringan

Alkaloid, vitamin C, dan antioksidan pada daun sirih merah diklaim dapat meredakan peradangan pada kulit yang terbakar. Caranya, tumbuk daun sirih merah dan campur dengan 2 sendok teh madu lalu oleskan pada area kulit yang terbakar secara perlahan.

Mengurangi Bau Badan

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan yang terakhir yakni sebagai pencegah bau badan berlebih. Kandungan senyawa estradiol dan klavikula pada daun sirih merah akan mengatur produksi hormone dan kelenjar keringat pada tubuh. Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin. (*)

Tags: